Home » , » Cara Mengobati Keputihan Yang sudah Akut

Cara Mengobati Keputihan Yang sudah Akut


Menyembuhkan Keputihan Yang Sudah Akut
Ada banyak sekali penyakit yang menyerang para wanita, salah satunya adalah keputihan. Keputihan
ditandai dengan keluarnya lendir dari daerah kewanitaan berwarna bening hingga keputihan. Bagi sebagian wanita, keluarnya lendir ini dianggap biasa karena merupakan pertanda masa subur, namun bagi yang suka dengan kebersihan, cairan bening ini cukup mengganggu dan menimbulkan rasa tak nyaman. Ketika keputihan Anda berwarna bening dan tak berbau maka cukup aman, jika merasa tak nyaman, seringlah membersihkan organ kewanitaan atau mempergunakan pantyliner, pembalut yang tipis, untuk mengatasinya dan agar tak membekas pada celana dalam. Bagi banyak wanita, keluarnya lendir sering tak dihiraukan, namun perlu diketahui bahwa hal tersebut bisa menimbulkan masalah yaitu menjadi tempat berkembang biak kuman dan bakteri.
Penyebab Keputihan 
 Oleh sebab itu sebaiknya jika Anda merasa ada banyak lendir yang keluar dan tidak begitu berbau, perhatikan masa keluarnya. Jika keluar dalam periode 3-7 hari setelah haid maka lendir itu tanda wanita memasuki masa subur. Cairan ini memang mekanisme tubuh untuk mempersiapkan proses pembuahan yang mungkin terjadi. Setelah memasuki hari ke-7 hingga ke-14 maka cairan lendir ini akan menghilang secara perlahan-lahan. Yang menjadi masalah adalah jika lendir yang keluar tersebut berbau dan berwarna putih seperti susu hingga kekuning-kuningan. Cairan yang berwarna seperti ini pasti menimbulkan rasa gatal yang sangat dan mengganggu, terutama baunya yang bisa menyebar kemana-mana. Kondisi inilah yang disebut dengan keputihan. Penyebab keputihan adalah tumbuhnya mikro organisme yaitu Candida Albicans yang berupa jamur serta bakteri trichomonas vaginalis. Selain itu keputihan juga bisa terjadi karena cacing kremi yang membawa kotoran dari dubur ke vagina.
Keputihan Penanda Infeksi Atau Tumor
Jika Anda mengalami keputihan yang parah, sebaiknya langsung periksa ke dokter karena keputihan semacam ini bisa menjadi atau salah satu pertanda adanya sebuah infeksi atau tumor. Salah satunya adalah penanda kanker di indung telur dan kanker rahim. Jika hal tersebut dibiarkan maka kesuburan wanita bisa terganggu dan bahkan menyebabkan kemandulan. Oleh sebab itu selain ke dokter, Anda juga harus berusahan menyembuhkan keputihan tersebut secara tuntas. Ada beberapa cara menyembuhkan keputihan ini, yaitu dengan cara tradisional dan cara modern.
Cara Menyembuhkan Keputihan  akut 
 Salah satu cara tradisional menyembuhkan keputihan adalah dengan ramuan herbal tradisional. Selama ini yang paling sering dipergunakan untuk menyembuhkan keputihan adalah ramuan yang dibuat dari daun Sirih dan temu kunci
Cara membuatnya juga mudah yaitu sebagai berikut :
  • Ambil beberapa lembar daun sirih  dan temu kunci, 
  • Cuci dan direbus dalam panci (lebih baik jika ada wadah khusus dari tanah liat untuk merebus jamu) tertutup. 
  • Setelah mendidih, biarkan sampai menjadi hangat dengan tutup tetap tertutup. Minum 2x sehari 1 gelas selama seminggu.
Anda juga harus membuat sebuah ramuan yang dipergunakan untuk membasuh vagina.
Ramuan untuk memcuci vagina adalah sebagai berikut :
  • Ramuan pencuci vagina ini dibuat dari 10 lembar dauh sirih yang sudah tua dan kemudian direbus dengan satu sendok makan bubuk delima putih. 
  • Rebus dengan 2 gelas air (400ml), didihkan dan biarkan sampai menjadi hangat.
  • Ramuan ini dipergunakan untuk membasuh, merendam dan menyemprot vagina. 
  • Lakukan secara teratur. 
Penyembuhan dengan cara di atas tidak dapat menyembuhkan keputihan secara langsung, melainkan harus dilakukan secara rutin dan terus menerus selama beberapa hari. Jika Anda merasa keputihan tak kunjung sembuh, silahkan periksakan ke dokter karena mungkin ada penyakit lain yang menyebabkan keputihan tersebut dan membutuhkan penanganan lebih lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.